Labuhan Pura Pakualaman

Labuhan Pura Pakualaman - Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo

 

Kadipaten Pakualaman akan menyelenggarakan upacara adat Hajad Dalem Labuhan Kadipaten Pura Pakualaman. Tujuan dari upacara adat ini adalah memanjatkan doa dan harapan bersama agarloro-loroning atunggalKeraton dan Pura Pakualamn serta masyarakat Daerah Istmewa Yogyakarta mendapatkan karunia, ketentraman dan berkah menuju segalanya yang lebih baik dari Tuhan Yang Maha Esa. Upacara ini adalah bentuk pelaksanaan ritual rutin tahunan budaya leluhur yang selalu dilaksanakan bertepatan dengan 10 Muharram atau 10 Sura menurut penanggalan Jawa. 

Dalam upacara adat ini Keluarga Pura Pakualaman melabuh atau melarung beberapa uborampe - sesaji seperti hasil bumi, kain kebesaran pangeran, serta kelengkapan lainnya di Laut Selatan - Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo. Upacara adat ini merupakan wujud rasa syukur dari keluarga besar Puro Pakualaman kepada Sang Maha Pencipta atas limpahan rezeki, kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan yang diterimanya, serta doa bagi para leluhur.

Upacara labuhan itu dimulai dengan upacara kecil di Pesanggrahan Puro Pakualaman di Desa Glagah, Temon, Kulon Progo (arah menuju Pantai Glagah dari jalan raya Wates – Purworejo). Uborampe yang akan dilabuh tersaji atas tiga gunungan, yaitu yang berupa hasil bumi yang terdiri atas aneka macam buah dan umbi-umbian, gunungan berupa padi, serta gunungan yang disebut pengagem (pakaian) yang terdiri atas kain dan selendang. Sesudah memanjatkan doa yang diikuti seluruh peserta labuhan yang terdiri dari keluarga keraton Puro Pakualaman, juru kunci Puro Pakualam, Prajurit Lombok Abang dan Prajurit Plangkir serta masyarakat umum ketiga gunungan dan seluruh peserta akan berangkat berarak-arak menuju Pantai Glagah yang berjarak sekitar 2 km dari pesanggrahan Puro Pakualaman.

Acara puncaknya warga masyarakat yang mengikuti bisa mendapatkan/ngalap berkah gunungan yang dilabuh ke laut. Terdapat keyakinan jika mendapatkan beberapa bagian sesaji/uborampe yang sudah didoakan dalam labuhan maka akan mendapatkan berkah kebaikan dalam kehidupan. Nilai utama dari upacara adat Labuhan Pura Pakualaman ini adalah harapan agar masyarakat selalu menjaga tradisi budaya dan selalu bersyukur kepada Sang Maha Pencipta atas segala pemberian-Nya.