Sport Fishing

popping di pemecah ombak sisi Timur/Karangwuni

Pantai Glagah menyimpan potensi Sport Fishing yang sangat menantang. spot tersebut berada di pemecah ombak/Break Water, yang berada di ujung Barat dan ujung Timur muara sungai Serang. Pada pagi sampai sore hari, banyak sekali angler/pemancing yang menjajal spot tersebut dengan berbagai model umpan. adapun teknik yang bisa dilakukan di spot pemecah ombak tersebut adalah; casting, popping, drifting, bahkan konvensional dengan umpan hidup/live bait. Dengan dibangunnya pemecah ombak tersebut, beton-beton tetra yang tersusun rapi menjadi rumpon buatan bagi ikan2 penghuni karang sehingga sedikit demi sedikit populasi ikan yang berlindung di pemecah ombak semakin bertambah. dengan banyaknya ikan-ikan kecil tersebut mengundang datangnya ikan predator untuk mencari mangsa sehingga casting dan popping menjadi hal yang sangat menantang dilakukan di spot ini. adapun jenis-jenis predator yang sudah mulai bisa didapat oleh para pemancing antara lain GT(giant Trevally/caranx ignobilis), berbagai jenis Trevally/kuwe,  talang-talang (queenfish), tengiri, layur, bahkan barakuda sering juga didaratkan dengan teknik casting. umpan yang digunakan selain popper, juga bisa diaplikasikan minnow berbagai model, stickbait/SB, crankbait, spoon, softlure/flash dan umpan-umpan tiruan lainnya.

Teknik lain yang bisa diaplikasikan di pemecah ombak adalah fly fishing. dengan streamer, deciever, clouser minnow, popper flies ataupun spoon flies, baby GT seukuran telapak tangan hingga 2 kg dan ikan-ikan predator lainnya bisa kita dapatkan di spot ini. tempat yang cocok untuk aplikasi teknik ini adalah di pemecah ombak sisi barat, menghadap ke timur, atau pemecah ombak sisi timur menghadap ke barat. disarankan agar para pemancing benar2 hati-hati dan waspada jika memancing di spot ini. selain harus berdiri di atas tetrapod yang sempit, juga sewaktu-waktu ombak besar datang, kita harus secepatnya berpegangan pada besi di ujung atas tetrapod atau berlindung di balik tetrapod.

 

 

Beberapa hasil casting/popping di pemecah ombak:

 

Barakuda dengan berat 8,2 kg ini diperoleh pemancing lokal dengan teknik casting menggunakan umpan minnow 10cm. selain menggunakan minnow, ikan ini bisa dipancing dengan menggunakan popper. piranti yang digunakan untuk popping di spot ini sebaiknya joran popping minimal 3m .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain spot di Pemacah Ombak, Laguna Glagah juga merupakan spot yang potensial untuk sport fishing terutama dengan teknik casting dan trolling jarak pendek. Adapun ikan predator yang bisa diperoleh di Laguna adalah Mangar/Mangrove jack (MJ), gabus (chana Striata) dan Kakap putih (barramundi). Untuk casting gabus, bisa menggunakan umpan frogy/katak tiruan atau stick bait/SB, bisa juga menggunakan frogy flies/ popperflies dengan teknik flyfishing.