Wild Rescue Center (WRC)

Wild Rescue Center (WRC) adalah program untuk konservasi satwa liar, pendidikan pengembangan pengetahuan konservasi dan kampanye konservasi satwa liar Indonesia. WRC terletak di Paingan, Sendangsari, Pengasih seluas 14 hektar. Program utama WRC adalah merehabilitasi dan merawat satwa liar khususnya orangutan. Saat ini WRC membangun kubah orangudome (dome) untuk orangutan, seluas 125 meter diameter yang bisa menampung 200 orangutan yang menyerupai hutan alam habitat-tropis aseli. Untuk operasional, WRC mengelola Orangutan Outdoor Camp yang menyewakan ruang pertemuan, penginapan, pelatihan outbond, eco-wisata dan donasi online.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wild Rescue Center (WRC) ini dibawah pengelolaan YKAY.  Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) adalah sebuah lembaga non profit yang bergerak di bidang konservasi alam Indonesia. YKAY didirikan pada tanggal 24 Juli 2009 di Yogyakarta dan dipimpin oleh GKR Pembayun.

Dalam menjalankan program-programnya, YKAY tidak hanya menggantungkan perolehan dana dari lembaga donor luar negeri, tapi juga mengembangkan devisi bisnis yang dinamai Orangutan Outdoors Camp (OOC). Melalui usaha-usaha yang sah dan tidak melanggar peraturan prundangan yang berlaku di Indonesia, OOC mengembangkan paket-paket pendidikan konservasi, penyewaan fasilitas, meeting room facility dan Outbound.

OOC Orangutan Outdoors Camp
Saat ini, OOC mengelola lahan seluas 13,9Ha yang terletak di Dusun Paingan Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta untuk menjalankan kegiatan Fundraising secara mandiri dan profesional. Seluruh keuntungan yang dihasilkan dari kegiatan OOC digunakan untuk kepentingan program konservasi alam terutama penyelamatan satwa, pemberdayaan masyarakat dan upaya rehabilitasi hutan.

Program Utama YKAY
- Rehabilitasi satwa
- Pendidikan konservasi
- Mendukung secara aktif program-program pemerintah dalam bidang konservasi satwa
- Penggalangan dana konservasi melalui Unit Orangutan Outdoors Camp serta usaha-usaha yang sah dan tidak bertentangan denga undang-undang
- Penggalangan dana publik melalui program Adopsi, Donasi dan Membership

 

 

 Kontak:
Dusun Paingan Rt 007 Rw 004, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo - 55652 DIY

Telp: 0274-7493977

 

Email : contact@jogjaorangutancentre.org (JOC), marketing@jogjaorangutancentre.org (OOC)