Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo adalah sebuah dusun di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh di Pegunungan Menoreh. Dusun ini mempunyai daya tarik alam pegunungan, wisata trekking, air terjun, nuansa pedesaan, perkebunan teh dan kopi. Masyarakat Nglinggo masih menjaga tradisi kehidupan Jawa dan kesenian tradisional dalam kehidupan sehari-hari. Para pengunjung bisa tinggal bersama keluarga di rumah pedesaan termasuk terlibat dalam aktivitas penderesan gula aren, memetik teh, kopi dan memerah susu kambing Peranakan Etawa.

 

 

Pesona wisata yang bisa menjadi paket kunjungan di Dusun Nglinggo antara lain: Wisata trekking pedesaan (nuansa pedesaan & panorama Menoreh/sunrise, air terjun Watu Jonggol, Watu Bentar, Perkebunan teh), Wisata pertanian (proses pemetikan teh & kopi, pembuatan minyak atsiri, peternakan kambing PE), Wisata budaya penderesan gula aren, rumah pedesaan (joglo, kampung, dan limasan) yang masih terawat, live in bersama keluarga pedesaan).

Dusun Nglinggo juga masih melestarikan berbagai kesenian tradisional antara lain: Jathilan, Karawitan, Wayang kulit, Angguk dan Lengger Tapeng melalui regenerasi seniman lokal. Melalui paket wisata para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan dan belajar kesenian tradisional (jathilan, karawitan, angguk, dan wayang kulit).

 

Dengan paket khusus para pengunjung juga bisa belajar sekaligus menyaksikan pertunjukan Jathilan dan Lengger Tapeng yang khas dari Dusun Nglinggo.

Bagi generasi muda/remaja yg berminat untuk camping/berkemah juga disediakan camping ground yang asri dengan pemandangan bukit-bukit hijau disekitarnya.

Contacts: Teguh – 08282741059, Agung - 081903711007, Saroji - 085228376020