Goa Kiskendo

 

Goa Kiskendo merupakan salah satu obyek wisata kawasan karst yang terletak di dusun Sokamoyo, desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo di Pegunungan Menoreh. Terletak 38 Km dari Jogja dan 21 KM dari Wates. 

Goa Kiskendo adalah goa alami di Perbukitan Menoreh Panjang keseluruhan goa ini belum diketahui secara pasti tetapi kurang lebih 600 meter dari mulut goa dapat ditelusuri dengan aman. Sebagai goa aktif masih terjadi proses pembentukan stalagtit dan stalagmit di goa Kiskendo.

Dengan peralatan khusus para caver bisa menelusuri bagian lain yang lebih sulit di goa Kiskendo. Tidak jauh dari goa Kiskendo terdapat goa Sumitro yang mempunyai 2 mulut vertikal dan horizontal yang mengalir sungai bawah tanah yang jernih.

Di sekitar mulut goa Kiskendo, dengan sentuhan seniman dibuat relief legenda pertempuran Mahesosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali.

Di kompleks goa Kiskendo disediakan Camping Ground yang  luas dan nyaman dengan fasilitas Joglo, Kamar, dll. Obyek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan berkemah karena didukung dengan adanya lahan yang luas dengan udara yang nyaman. Pengunjung bisa menghubungi Dinas Budparpora Kulon Progo jika berniat menggunakan fasilitas Camping Ground.

 Retribusi Objek Wisata Goa Kiskendo:

- Pengunjung: Rp. 5.000,- (per orang)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contacts: Dinas Budparpora Kulon Progo – 0274 - 773095